Penggunaan analisis biaya volume laba untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan kapasitas terhadap laba usaha pada Hotel X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Marianti, Maria Merry
dc.contributor.author Kriswandi, Segha Relangga
dc.date.accessioned 2017-10-11T04:02:12Z
dc.date.available 2017-10-11T04:02:12Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34473
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3454
dc.description 22687 - FE en_US
dc.description.abstract Kapasitas yang terlalu besar dapat menyebabkan biaya per unit menjadi tinggi sedangkan apabila kapasitas terlalu kecil maka akan ada peluang laba yang hilang. Manajer operasi harus mampu mengelola kapasitas dengan memperhatikan berbagai faktor, antara lain faktor laba perusahaan, volume penjualan dan biaya. Analisis Biaya-Volume-Laba dapat memberikan informasi mengenai dampak dari perubahan faktor-faktor tersebut dan jumlah produksi minimal yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, jenis penelitian business research dengan tipe applied research. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data selama tahun 2016. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan tingkat hunian kamar selama tahun 2016 sebesar 38,82%. Tingkat hunian tertinggi terjadi pada bulan Desember 2016 sebesar 55,24% terrendah terjadi pada bulan Juni sebesar 15,42%. Laba yang dihasilakan pada tahun 2016 adalah sebesar Rp 965.842.567. Perubahan laba yang dapat dihasilkan apabila perusahaan dapat meningkatkan tingkat hunian kamar menjadi 40% adalah sebesar Rp 323.667.681 atau sebesar 33,51% dari laba saat ini. Perubahan laba yang dapat dihasilkan apabila perusahaan dapat meningkatkan tingkat hunian kamar menjadi 50% adalah sebesar Rp 774.523.517 atau sebesar 80,19% dari laba saat ini. Perubahan laba yang dapat dihasilkan apabila perusahaan dapat meningkatkan tingkat hunian kamar menjadi 60% adalah sebesar Rp 1.225.379.354 atau sebesar 126.87% dari laba saat ini. Melihat tingkat hunian yang sangat rendah maka disarankan agar Hotel X meningkatkan pemanfaatan kapasitas dengan cara meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan upaya promosi seperti diskon pada bulan dengan occupancy rate kecil yaitu pada bulan Juni (15,42%) dan bulan Maret (24,76%). Selain itu Hotel X dapat meningkatkan penjualan dengan cara bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan reservasi online. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Penggunaan analisis biaya volume laba untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan kapasitas terhadap laba usaha pada Hotel X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120256
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412066003
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account