Analisis pengaruh persepsi konsumen pada bauran pemasaran terhadap niat rekomendasi konsumen SSA Travel dan Safari Suci di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.author Damaraasry, Deandra Adyssa
dc.date.accessioned 2017-10-10T08:26:01Z
dc.date.available 2017-10-10T08:26:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34491
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3435
dc.description 22705 - FE en_US
dc.description.abstract Indonesia adalah salah satu negara dimana mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki permintaan yang besar akan penyelenggaraan Haji dan Umrah. Untuk memenuhi permintaan tersebut hadirlah biro perjalanan Haji dan Umrah yang menawarkan jasa kemudahan serta fasilitas yang menunjang konsumen untuk melaksanakan Ibadah Haji maupun Umrah ke Tanah Suci, Mekkah. SSA Travel merupakan biro perjalanan Haji dan Umrah di Kota Bandung yang mulai beroperasi pada tahun 2013. Sejak mulai beroperasi penjualan paket Umrah mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun menginjak tahun 2015 hingga tahun 2016 penjualan paket Umrah tidak mengalami kenaikkan sesuai dengan target penjualan. Suatu perusahaan harus dapat menganalisa kebutuhan dan keinginan konsumen serta kemampuan untuk memonitor situasi lingkungan yang dihadapinya untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Salah satunya dengan cara menerapkan bauran pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Dalam penelitian ini penulis juga mengambil Safari Suci sebagai perusahaan yang sudah lebih dahulu berdiri untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana niat rekomendasi konsumen SSA Travel dan Safari Suci yang didapatkan dari persepsi konsumen pada bauran pemasaran. Variabel dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran sebagai variabel bebas, kepuasan sebagai variabel intervening, dan niat rekomendasi sebagai variabel terikatnya. Penulis membagikan kuesioner kepada 330 responden yang terdiri dari 165 konsumen SSA Travel dan 165 konsumen Safari Suci dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Data yang didapatkan dari responden kemudian diolah dengan menggunakan analisa deskriptif untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai pernyataan yang diajukan serta regresi linier berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel intervening dan regresi linier sederhana untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel intervening terhadap variabel terikatnya. Hasil analisa yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi konsumen kepada kedua perusahaan sudah baik terhadap dimensi product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dan terdapat pengaruh antara kepuasan konsumen dengan niat rekomendasi. Saran dari penulis secara keseluruhan untuk SSA Travel adalah penambahan variasi produk Umrah dan mengoptimalkan penggunaan media sosial serta website perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sedangkan untuk Safari Suci adalah mempertahankan konsistensi pelayanan yang sudah diberikan untuk menjaga kepuasan konsumen tetap tinggi agar sukarela merekomendasikan perusahaan kepada orang lain serta membuat promosi potongan harga secara berkala untuk menarik konsumen baru. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject persepsi en_US
dc.subject bauran pemasaran en_US
dc.subject kepuasan en_US
dc.subject niat rekomendasi en_US
dc.title Analisis pengaruh persepsi konsumen pada bauran pemasaran terhadap niat rekomendasi konsumen SSA Travel dan Safari Suci di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120107
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account