Pengaruh persepsi konsumen mengenai web banner Blibli.com terhadap niat beli konsumen di online store Blibli.com

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.advisor Wibisono, Christian
dc.contributor.author Sulaiman, Kenneth Natanael
dc.date.accessioned 2017-10-09T07:27:15Z
dc.date.available 2017-10-09T07:27:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34496
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3404
dc.description 22710 - FE en_US
dc.description.abstract Internet merupakan kebutuhan bagi para pelaku bisnis pada jaman sekarang ini. Melalui internet, berbagai jenis atau bentuk pemasaran pun banyak berubah sesuai perkembangan teknologi. Bentuk pemasaran yang menggunakan internet dan yang sedang menjadi trend adalah web banner. Tetapi, tidak selamanya web banner bisa menjadi bentuk pemasaran yang efektif. Karena muncul suatu fenomena yang dinamakan banner blindness yang dikemukakan oleh Benway and Lane (1998). Pengertian dari banner blindness adalah fenomena yang terdapat dalam web yang biasa digunakan dimana pengguna internet cenderung mengabaikan informasi yang ada dalam banner. Dengan adanya fenomena banner blindness ini, penulis tertarik melakukan penelitian apakah web banner dapat memunculkan niat beli seseorang. Web banner diukur menggunakan faktor – faktor seperti frekuensi, animasi, besar dan bentuk, isi, dan warna dari web banner itu sendiri menurut Xavier Dreze (2003). Penulis memilih blibli.com sebagai objek penelitian dikarenakan blibli.com merupakan salah satu situs jual beli online yang besar di Indonesia. Blibli.com juga setiap tahunnya mengalami kenaikan dalam jumlah pendapatannya. Masyarakat pun mulai banyak yang melakukan transaksi jual beli online melalui blibli.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji hipotesis. Hipotesis yang diuji adalah persepsi konsumen mengenai web banner blibli.com berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen ke online store blibli.com. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner. Sampel yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner sebanyak 100 responden. Hasil pengolahan data dianalisis dengan menggunakan metode uji hipotesis yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Metode yang digunakan adalah statistik regresi linier untuk mengetahui seberapa besar pengaruh web banner terhadap niat beli konsumen blibli.com. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa web banner blibli.com dinilai baik. Web banner blibli.com juga berhasil menciptakan niat beli konsumen untuk melakukan pembelian di online store blibli.com. Saran dari penulis untuk blibli.com agar tetap menjaga kualitas web banner-nya serta memasarkan produk – produk yang menjadi kebutuhan primer masyarakat pada umumnya. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject persepsi konsumen en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen mengenai web banner Blibli.com terhadap niat beli konsumen di online store Blibli.com en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2010120031
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account