Tinjauan respon dinamik Jembatan Cisomang terhadap pembebanan Kereta Api South African Class 6E1 series 4 E1525

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Ediansjah
dc.contributor.advisor Rizkiani, Sisi Nova
dc.contributor.author Kurnia, Regina Charisty
dc.date.accessioned 2017-06-13T03:25:22Z
dc.date.available 2017-06-13T03:25:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34088
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2302
dc.description 5986 - FTS en_US
dc.description.abstract Jembatan Cisomang direncanakan untuk mampu menahan pembebanan sesuai dengan Rencana Muatan 1921 dengan kecepatan maksimum 100 km/jam. Namun, saat ini dibutuhkan moda transportasi umum yang lebih cepat, seperti kereta cepat. Penelitian ini membahas mengenai kekuatan Jembatan Cisomang apabila dibebani oleh kereta api dengan Lokomotif South African Class 6E1 Series 4 E1525 dengan kecepatan maksimum 245 km/jam. Berat gandar kereta disesuaikan dengan kereta api Indonesia. Penelitian dilakukan dengan program elemen hingga. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Jembatan Cisomang mampu menahan pembebanan kereta api tersebut secara statik, namun tidak secara dinamik dikarenakan nilai percepatan struktur mencapai 6,992 m/s2. Percepatan struktur dapat tereduksi sebesar 63,14% sehingga menjadi 2,577 m/s2 dengan menggunakan tuned mass damper dengan rasio massa 1% di tengah bentang sebanyak delapan titik. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Jembatan rel kereta api en_US
dc.subject kereta cepat en_US
dc.subject respon dinamik en_US
dc.title Tinjauan respon dinamik Jembatan Cisomang terhadap pembebanan Kereta Api South African Class 6E1 series 4 E1525 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013410121
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408119001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account