Rancangan CRM untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan berdasarkan customer preference di New Sasak Gym

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Alvianno, Kevin Sony
dc.date.accessioned 2017-06-08T08:39:00Z
dc.date.available 2017-06-08T08:39:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33878
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2213
dc.description 7687 - FISIP en_US
dc.description.abstract Sasak Gym sudah berdiri sejak tahun 1995, namun mengalami pembaharuan dan renovasi sampai pada tahun 2011 dan berganti nama menjadi New Sasak Gym. Persaingan Gym di Cianjur sangat ketat, karena adanya perkembangan member dari tahun 2013 – 2016 sekitar ±50%, menurut manajer New Sasak Gym. Oleh karena perkembangan member yang tinggi dan untuk meningkatkan penjualan personal trainer, maka untuk mengenal pelanggan lebih dekat dibutuhkan mengetahui preferensi pelanggan, sehingga untuk mengetahui preferensi pelanggan, perusahaan membutuhkan bantuan sistem CRM dalam hal menganalisa pelanggan, mengelompokkan pelanggan dan meningkatkan kualitas dari personal trainer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis., juga menggunakan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan dan wawancara semi struktur. Dan untuk teknik analisis data, untuk membantu di dalam rancangan sistem CRM yang diajukan dibutuhkan pengelompokkan fenomena masalah dengan Business Chalenge Bundle , kemudian dilakukan crosscheck menggunakan MIT 90’s Framework untuk mengantisipasi perubahan informasi di dalam perusahaan berdasarkan tujuh komponen yang saling berhubungan baik di luar perusahaan maupun di dalam perusahaan serta untuk melihat konsistensi dengan permasalahan, juga teknologi yang digunakan untuk membantu perusahaan. Dan untuk membuat detail rancangan sistem yaitu proses bisnis dan proses implementasi digunakan Business Process Model and Notation. Jenis CRM yang digunakan dalam rancangan sistem pada penelitian ini, pertama adalah analytical CRM yang digunakan untuk menganalisa data pelanggan, data penjualan, dan data pegawai yang dikumpulkan dan disimpan ke dalam database dan dilakukan pengelompokkan pelanggan. Kedua adalah collaborative CRM, data yang telah dianalisa dan dikelompokkan digunakan untuk membantu dalam hal untuk penyampaian informasi maupun membantu pelanggan yang kesulitan dalam hal informasi. Dan yang terakhir adalah operational CRM, dengan menggunakan hasil peramalan penjualan, dapat dilakukan product configuration yang akan membantu pemasaran produk. Teknologi yang membantu rancangan sistem seperti fitness center manager system, customer portofolio management, marketing automation dan service automation akan menghasilkan rancangan modul, yang dapat membantu perusahaan dan langkah-langkahnya akan digambarkan secara rinci pada gambar business process model and notation yang digunakan dalam penelitian ini. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject customer relationship management, preferensi pelanggan, jasa en_US
dc.title Rancangan CRM untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan berdasarkan customer preference di New Sasak Gym en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013320065
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account