dc.description.abstract |
Strawberry adalah konsep salon yang ‘homey’ membuat setiap pelanggan merasa nyaman layaknya melakukan perawatan di rumah sendiri. Rasa kenyamanan pelanggan disebabkan karena pegawai salon yang mengenal pelanggannya.Pegawai salon menghafalkan kebutuhan masing-masing pelanggan sehingga membuat mereka puas dan kembali melakukan perawatan berkelanjutan di Salon Strawberry.Akan tetapi hal tersebut menjadi permasalahan apabila pegawai yang bersangkutan tidak hadir dan pegawai lainnya tidak mengetahui kebutuhan pelanggan.Permasalahan yang terjadi dianalisa dan diberikan solusi dalam penelitian ini.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis.Teknik pengumpulan data yang dibutuhkan diperoleh melalui studi lapangan, wawancara, dokumentasi danstudi pustakamengenai sistem informasi, perkembangan bisnis salon, dan proses bisnis salon. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan BCB (Business Challenge Bundle) yang dapat menggambarkan akar permasalahan yang terdapat dalam proses bisnis Salon Strawberry, MIT 90’s Framework untuk menggambarkan keadaan internal dan eksternal Salon Strawberry dan BPMN (Business Process Modelling and Notation) untuk menggambarkan proses bisnis yang sudah ada dan usulan-usulan perbaikan proses bisnis Salon Strawberry.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem reminder yang dapat diusulkan kepada pihak salon untuk memberikan peringatan perawatan berkelanjutan sesuai dengan preferensi setiap pelanggan melalui telepon, SMS atau email.Sistem tersebut dibuat dengan mengumpulkan data pelanggan, menganalisa pola pembelian setiap pelanggan, mengelompokkan pelanggan, dan menentukan metode reminder yang tepat untuk pelanggan.Dengan adanya rancangan sistem ini diharapkan adanya hubungan jangka panjang pelanggan dengan Salon Strawberry. |
en_US |