Abstract:
Saat ini, perkembangan salon kecantikan di Indonesia, terbilang cukup pesat. Pertumbuhan bisnis salon di Indonesia meningkat antara 10-15% pada tahun 2015 dibandingkan pencapaian pada tahun sebelumnya (Hadisuwarno, 2015). Dibutuhkan strategi yang tepat untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Dalam menjalankan bisnis dalam bidang apapun, tidak akan lepas dari pelanggan. Termasuk juga dalam bisnis salon kecantikan, yaitu Shiana Salon. Dalam pengelolaan pelanggan diperlukan CRM atau Customer Relationship Management. CRM yang diterapkan Shianna Salon masih belum optimal karena hanya pemilik mengetahui preferensi pelanggan. Untuk itu, dibutuhkan Management Information Systems (MIS) berbasis komputer yang dapat mengelola data pelanggan dan data preferensi pelanggan secara digital. Perpaduan antara CRM dengan MIS akan menciptakan Sistem Informasi CRM Customized Package, yaitu sistem yang menawarkan paket pelayanan yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Berdasarkan hal itu, peneliti membuat rancangan sistem Customer Relationship Management yang sesuai untuk Shianna Salon sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang berdampak pada peningkatan pembelian berulang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus, yang dapat membantu memberikan gambaran detail mengenai sejarah, proses bisnis umum, jam operasional, hingga struktur organisasi Shianna Salon. Data studi kasus dapat diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, mulai dari pemilik hingga pegawai Shianna Salon.
Berdasarkan analisa data dengan menggunakan BCB, MIT 90’s Framework, dan BPMN, Shianna Salon perlu melakukan perubahan mulai dari struktur organisasi hingga proses bisnis yang diterapkan agar dapat menawarkan customized package. Di mana penawaran customized package berdasarkan atas data preferensi pelanggan, yang sebelumnya telah diolah oleh bagian baru, yaitu administrasi.