Abstract:
Pertumbuhan industri kuliner di Indonesia, khususnya Kota Bandung menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Pertumbuhan pada industri makanan dan minuman diiringi dengan pertumbuhan tempat makan yang cukup pesat juga. Melihat perkembangan ini, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepada Café The Hungry Belly, salah satu usaha yang bergerak di industri kuliner.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model bisnis dan melakukan evaluasi terhadap value propositions Café The Hungry Belly. Teori-teori yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah sistem produksi dan operasi, rancangan produk, model bisnis kanvas, dan service blueprint.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan bersifat kualitatif. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumen yang selanjutnya akan diolah menjadi service blueprint dan model bisnis yang akan digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap value proposition Café The Hungry Belly.
Hasil dari penelitian adalah untuk mendapatkan service blueprint dan model bisnis yang sesuai dengan kondisi saat ini dan mengetahui hasil evaluasi value propositions yang diharapkan berguna untuk masalah yang akan datang dan meningkatkan kinerja operasi bisnis Café The Hungry Belly.