Abstract:
Perkembangan industri peralatan gunung semakin meningkat seiring dengan tingginya animo masyarakat terhadap kegiatan luar ruangan seperti mendaki gunung. Keadaan seperti ini menyebabkan persaingan diantara industry peralatan gunung semakin ketat ditambah dengan keinginan dan harapan pelanggan yang terus meningkat. Penelitian ini membahas mengenai kebijakan bisnis yang dilakukan oleh Eiger yaitu strategi intensif dan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis peralatan outdoor di kota Bandung. Strategi intensif terdiri dari dari penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini membahas dan menyelidiki strategi dan manajemen intensif di Eiger.
Fokus dari pertanyaan penelitian ini dibagi menjadi tida bagian yaitu Bagaimana strategi intensif yang telah di terapkan oleh Eiger hingga pencapaian saat ini, Apakah faktor internal dan eksternal perusahaan dapat menjadi peluang dan ancaman, Strategi intensif apa yang dapat dikembangkan setelah melakukan analisis SWOT. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mengetahui informasi yang akan dibahas penulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT , analisis internal dan eksternal dan Matriks SWOT, sehingga dapat menjawab masalah yang telah dirumuskan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan terhadap Eiger, secara umum dapat disimpulkan bahwa sejak tahun 1993 sampai 2016 menjadi produsen peralatan gunung Eiger telah melakukan pengembangan produk secara berkala dan diterima baik oleh konsumen , kegiatan promosi yang berkelanjutan sehingga mendekatkan Eiger kepada konsumennya dan sukses dalam membuka cabang-cabang baru di daerah Bandung.
Dari data analisa yang didapatkan, penulis memberikan saran agar Eiger melibatkan karyawan muda dalam kontribusi ide-ide di dalam pengembangan pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar.