Analisis strategi penetrasi pasar Bank BJB dalam pembiayaan kredit usaha mikro (micro finance) di lingkungan Kantor Cabang Wilayah 1 Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Faza, Muhammad
dc.date.accessioned 2017-06-08T04:20:25Z
dc.date.available 2017-06-08T04:20:25Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33933
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2162
dc.description 7742 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pelaku usaha mikro semakin berkembang di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Pelaku bisnis mikro ini, tentu membutuhkan peran eksternal untuk membantu melancarkan usaha bisnis mereka. Melihat hal diatas, bank bjb melihat adanya peluang bisnis yang dapat dilakukan. Dalam rangka mendorong laju perkembangan usaha sektor UMKM, bank bjb telah memberikan dukungannya melalui kredit kepada pelaku usaha mikro dengan melakukan penetrasi pasar ke dalam sektor pembiayaan kredit perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa langkah strategi yang dilakukan bank bjb dalam memasuki sektor pembiayaan kredit mikro perbankan, serta menganalisis peran bank bjb dalam pengembangan UMKM di Jawa Barat, dan menganalisis manfaat kredit usaha mikro yang dilakukan bank bjb terhadap perekonomian secara makro di Jawa Barat dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dan pengamatan untuk mengetahui informasi yang diperlukan untuk dibahas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan reduksi data dan eksplorasi untuk menjawab masalah penelitian yang sudah dirumuskan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bank bjb berhasil dalam menarik nasabah atau debitur untuk beberapa kabupaten/kota saja, tetapi masih ada beberapa cabang yang belum maksimal dalam perolehan kredit mikronya. bank bjb menyediakan program layanan yang mendukung pengembangan UMKM untuk turut serta meningkatkan perekonomian Provinsi Jawa Barat. Rekomendasi yang diberikan penulis dalam menghadapi persaingan yang lebih ketat dalam pelayanan kredit usaha mikro, bank bjb dapat mempertimbangkan penambahan sentra UMKM di beberapa kantor cabang daerah lainnya, serta lebih mempertimbangkan membuat banyak program kerja yang banyak melibatkan pelaku usaha kreatif baru yang biasanya di dominasi oleh anak muda atau remaja, baik itu pendampingan usaha atau pembinaan pelaku UMKM baru, agar lebih banyak nasabah tertarik untuk melakukan kredit usaha mikro di bank bjb. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi, Penetrasi Pasar, UMKM en_US
dc.title Analisis strategi penetrasi pasar Bank BJB dalam pembiayaan kredit usaha mikro (micro finance) di lingkungan Kantor Cabang Wilayah 1 Jawa Barat en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012320185
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account