Abstract:
Perkembangan teknologi mendorong pemasar untuk berkreasi dalam beriklan dengan memanfaatkan media sosial. Beriklan di media sosial membutuhkan strategi dan usaha agar memiliki daya tarik baik secara emosional maupun rasional untuk menumbuhkan minat beli pada pengguna media sosial.. Media sosial yang dijadikan sarana untuk promosi dan berjualan salah satunya adalah Instagram. Warung Kopi Purnama memanfaatkan media sosial seperti instagram untuk mempromosikan produk dan suasana. Instagram Warung Kopi Purnama telah ada sejak tahun 2013. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi Instagram terhadap keputusan pembelian di Warung Kopi Purnama Bandung.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data di dapat melalui penyebaran kuesioner ke 100 responden yang merupakan konsumen dari Warung kopi Purnama dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien determinasi.
Kesimpulan penelitian memperlihatkan bawah faktor promosi Instagram berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Promosi Instagram berkontribusi sebesar 51,9% terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Kopi Purnama Bandung, sedangkan 48,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variable yang diteliti.
Saran dari hasil adalah penelitian memperbaiki interactivity dengan konsumen Warung Kopi Purnama dan pencarian Informasi untuk konsumen juga harus diperbaiki.