dc.description.abstract |
Persaingan bisnis coffee shop di Kota Bandung meningkat, hal ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pecinta kopi ditahun 2016. Persaingan bisnis coffee shop yang semakin ketat menyebabkan KOFI 299 perlu memikirkan cara baru untuk berinovasi dengan sistem pemesanan yang baru dan berhubungan dengan pelanggannya. Maka dari itu, diperlukan suatu superior value untuk pelanggan agar tetap memilih KOFI 299 sebagai tempat menikmati kopi dibanding coffee shop lain. Value tersebut dapat berupa promosi yang dirancang secara personal sesuai data prefrensialnya. Berdasarkan hal itu, penulis membuat rancangan sistem yang mampu memberikan promosi sebagai suatu tindakan proaktif yang didukung dengan CRM (Customer Relationship Management) pada coffee shop KOFI 299.
Tujuan dari dibuatnya penelitian rancangan sistem pendukung ini adalah untuk mempermudah proses pemesanan yang tersambung dengan koneksi wifi sehingga KOFI 299 dapat mendapatkan data prefrensi pelanggan dan membuat promosi berdasarkan perilaku masing-masing pelanggan. Dengan menggunakan teknik Sales Force Automotion (SFA) yang menggunakan analisa perilaku pelanggan dan data pelanggan untuk pembuatan promosi, diharapkan hubungan jangka panjang antara konsumen dengan KOFI 299 dapat berlangsung.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif analitis. Untuk sumber data yang dibutuhkan, didapatkan melalui teknik wawancara dengan coffee shop owner KOFI 299. Dalam menganalisa proses bisnis KOFI 299 penulis menggunakan MIT 90’s Framework untuk menggambarkan keadaan BPMN (Business Process Modelling and Notation) di KOFI 299. Untuk dapat mengimplementasikan sistem ini maka perlu rancangan usulan yang dibuat dengan menambah atau merubah proses bisnis yang ada di dalam BPMN serta perubahan dalam proses pemesanan sehingga pemesanan bisa dilakukan dengan mudah dan langsung tercatat dalam database. Ouput dari hasil sistem,mampu mencatat data prefrensi pelanggan secara personal yang dapat dibuat sebagai promosi secara spesifik, salah satunya adalah consumption style.
Berdasarkan pembahasan MIT 90’s Framework, KOFI 299 memerlukan suatu tindakan yang disesuaikan dengan kondisi external-socio environment yaitu dengan strategi cognitive school yang memperhatikan pelanggan melalui pemanfaatan database prefrensial guna meningkatkan penjualan dengan pemberian promo secara personal. Database prefrensial ini diperoleh KOFI 299 saat mendaftarkan diri dan memesan melalui website KOFI 299. |
en_US |