dc.description.abstract |
Dewasa ini jumlah restoran di Kota Bandung semakin meningkat, hal ini tidak terlepas dari semakin banyakanya pusat perbelanjaan yang tersebar di Kota Bandung. Banyaknya pengunjung atau konsumen yang ingin merasakan sebuah citarasa baru dalam dunia kuliner, menuntut restoran yang satu dan lainnya untuk memberikan sesuatu yang spesial dan memiliki ciri khas tersendiri untuk memenuhi selera konsumen. Restoran harus mampu mengerti apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Masuknya pendatang baru ataupun café – café yang unik dengan ciri khas nya masing – masing, menuntut restoran untuk terus berinovasi dan kemudian mempertahankan kualitas yang sudah ada untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan – pelanggan baru.
Penelitian ini menggunakan manajemen stratejik sebagai kerangka kerja untuk menyelesaikan masalah strategi dalam perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian dilapangan dengan cara wawancara dan observasi langsung dan studi dokumentasi. Dalam merumusukan strategi, alat analisis yang digunakan adalah matriks, yang diintegrasikan menjadi dua tahap yaitu, input stage dan matching stage.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditemukan bahwa Nanny’s Pavillon menggunakan strategi diferensiasi. Strategi ini diaplikasikan agar pengunjung dapat merasakan pengalaman yang berbeda dari segi pelayanan, desain interior,juga dekorasi penyajian makanan dan pensuasanaan. Dari matriks internal-eksternal menunjukan bahwa Nanny’s Pavillon dapat melaksanakan beberapa strategi yang berbeda seperti strategi pengembangan produk dan pengembangan pasar serta strategi stabilitas. Hasil ini digunakan penulis untuk mengusulkan Nanny’s Pavillon mempertahankan strategi yang sudah ada dan mempertimbangkan penerapan strategi alternatif yaitu strategi pengembangan pasar dan pengembangan produk untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan pasarnya agar lebih besar dan mempertahankan posisi bersaing yang lebih kuat. |
en_US |