Abstract:
Citra merek dan tarif rumah sakit adalah faktor yang memberikan dampak terhadap perilaku danproses keputusan pasien dalam memutuskan di mana mereka akan berobat. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap proses keputusan pasiendalam menggunakan layanan di Klinik Spesialis dan Gigi Rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode hubungan kausal.Responden dalam penelitian ini sebanyak 124 responden yang merupakan pasien rawat jalan diKlinik Spesialis dan Gigi Rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang. Pengambilan data menggunakankuesioner dengan menggunakan metode probability sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1)citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pasien dalam menggunakanlayanan di Klinik Spesialis dan Gigi Rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang, (2) harga berpengaruhsecara signifikan terhadap proses keputusan pasien dalam menggunakan layanan di Klinik Spesialisdan Gigi Rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang, serta (3) ada pengaruh signifikan secara bersamasama(simultan) antara citra merek dan harga terhadap proses keputusan pasien dalam menggunakanlayanan di Klinik Spesialis dan Gigi Rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang.