Pengaruh mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Mitra Jambi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pawitan, Gandhi
dc.contributor.advisor Mufti, Nurul
dc.contributor.author Ompusunggu, Evelin Novita Sari
dc.date.accessioned 2025-01-20T07:45:35Z
dc.date.available 2025-01-20T07:45:35Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other tes2472
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19755
dc.description.abstract Keunggulan dalam persaingan rumah sakit adalah memberikan pelayanan yang unggul bagi setiap orang. Tindakan dan pelayanan di rumah sakit sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dinilai dari lima aspek yaitu Tangibles (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Pemerintah membuat program jaminan kesehatan bagi seluruh Masyarakat di Indonesia yaitu JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi. Desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan survei pada kuesioner. Sampel pada penelitian adalah pasien rawat inap yang menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi dengan usia ≥ 17 tahun dengan jumlah 300 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi dengan nilai F hitung 19,285 > F tabel 2,244 dan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05. Pengaruh secara parsial menunjukkan nilai signifikansi Tangibles (bukti fisik) adalah 0.045 < tingkat signifikansi 0,05, Reliability (kehandalan) 0.485 > tingkat signifikansi 0,05, Responsiveness (daya tanggap) 0.023 < tingkat signifikansi 0,05, Assurance (jaminan) 0.045 < tingkat signifikansi 0,05, dan emphaty (empati) 0.041 < tingkat signifikansi 0,05. Varibel Responsiveness (daya tanggap) dan (empati) paling nberpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject MUTU PELAYANAN en_US
dc.subject KEPUASAN en_US
dc.subject RUMAH SAKIT en_US
dc.subject JKN en_US
dc.title Pengaruh mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Mitra Jambi en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8082201025
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428086501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI808#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account