Abstract:
Keunggulan dalam persaingan rumah sakit adalah memberikan pelayanan yang unggul bagi setiap orang. Tindakan dan pelayanan di rumah sakit sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dinilai dari lima aspek yaitu Tangibles (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Pemerintah membuat program jaminan kesehatan bagi seluruh Masyarakat di Indonesia yaitu JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi. Desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan survei pada kuesioner. Sampel pada penelitian adalah pasien rawat inap yang menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi dengan usia ≥ 17 tahun dengan jumlah 300 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan mutu pelayanan rawat inap terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi dengan nilai F hitung 19,285 > F tabel 2,244 dan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05. Pengaruh secara parsial menunjukkan nilai signifikansi Tangibles (bukti fisik) adalah 0.045 < tingkat signifikansi 0,05, Reliability (kehandalan) 0.485 > tingkat signifikansi 0,05, Responsiveness (daya tanggap) 0.023 < tingkat signifikansi 0,05, Assurance (jaminan) 0.045 < tingkat signifikansi 0,05, dan emphaty (empati) 0.041 < tingkat signifikansi 0,05. Varibel Responsiveness (daya tanggap) dan (empati) paling nberpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien menggunakan JKN di Rumah Sakit Mitra Jambi.