Pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan Jaminan Kesehatan Nasional di RS Mitra Jambi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pawitan, Gandhi
dc.contributor.advisor Mufti, Nurul
dc.contributor.author Kurnia, Desty Friska
dc.date.accessioned 2025-01-16T08:22:44Z
dc.date.available 2025-01-16T08:22:44Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other tes2471
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19724
dc.description.abstract Rumah Sakit merupakan salah satu bentuk dari fasilitas kesehatan yang dalam pelayanannya harus menjaga mutu pelayanan untuk dapat tetap eksis di era patient center saat ini. Dengan tidak membedakan setiap individu yang datang untuk menerima pelayanan di rumah sakit. Rumah Sakit Mitra Jambi ialah salah satu fasilitas kesehatan yang ada di kota jambi yang juga ikut berpartisipasi dalam menyediakan pelayanan kesehatan, salah satunya layanan rawat jalan, dengan komitmen untuk terus menjaga mutu pelayanan sesuai dengan visi rumah sakit, yang akan berdampak kepada kepuasan pasien. Saat ini RS Mitra Jambi telah dua tahun bekerjasama dengan Jaminan Kesehatan Nasional dalam penanganan pasien, sehingga pada penelitian kali ini ingin dilihat apakah ada pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan kesehatan nasional di RS Mitra Jambi.Penelitian ini melibatkan 375 orang pasien rawat jalan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, melakukan observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan kesehatan nasional di RS Mitra Jambi khususnya pada dimensi Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Berdasarkan hasil tersebut RS Mitra sebaiknya dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu pelayanan terutama terhadap Variabel Empathy yang paling tinggi mempengaruhi kepuasan pasien. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject MUTU PELAYANAN en_US
dc.subject KEPUASAN PASIEN en_US
dc.title Pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan Jaminan Kesehatan Nasional di RS Mitra Jambi en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8082201024
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428086501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI808#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account