Abstract:
Rumah Sakit merupakan salah satu bentuk dari fasilitas kesehatan yang dalam pelayanannya harus menjaga mutu pelayanan untuk dapat tetap eksis di era patient center saat ini. Dengan tidak membedakan setiap individu yang datang untuk menerima pelayanan di rumah sakit. Rumah Sakit Mitra Jambi ialah salah satu fasilitas kesehatan yang ada di kota jambi yang juga ikut berpartisipasi dalam menyediakan pelayanan kesehatan, salah satunya layanan rawat jalan, dengan komitmen untuk terus menjaga mutu pelayanan sesuai dengan visi rumah sakit, yang akan berdampak kepada kepuasan pasien. Saat ini RS Mitra Jambi telah dua tahun bekerjasama dengan Jaminan Kesehatan Nasional dalam penanganan pasien, sehingga pada penelitian kali ini ingin dilihat apakah ada pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan kesehatan nasional di RS Mitra Jambi.Penelitian ini melibatkan 375 orang pasien rawat jalan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, melakukan observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan kesehatan nasional di RS Mitra Jambi khususnya pada dimensi Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Berdasarkan hasil tersebut RS Mitra sebaiknya dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu pelayanan terutama terhadap Variabel Empathy yang paling tinggi mempengaruhi kepuasan pasien.