Abstract:
Pertumbuhan pesat jumlah coffee shop di Indonesia, terutama di kota Bandung, menunjukkan peningkatan preferensi konsumen terhadap kopi dan pengalaman yang ditawarkan oleh coffee shop. Pensuasanaan pada coffee shop tentu menjadi penting untuk kebutuhan marketing dan meningkatkan pengalaman pengunjung. Mutu Loka Cafe sebagai objek studi, memenangkan penghargaan Building of the Year 2024 dari media arsitektur internasional terkemuka Archdaily sebagai coffee shop yang menekankan pada penggabungan material dan struktur bangunan lama dan baru, memanfaatkan material pelingkup sebagai elemen utama dalam menciptakan identitas visualnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan observasi langsung untuk mengkaji penggunaan material ditinjau dari ekspresi dan tektonikanya pada bangunan MUTU Loka Cafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi struktur dan material lama dengan yang baru menciptakan harmoni antara warisan bangunan lama dan bangunan baru. Unsur dominasi, kesatuan dan kontras menjadi elemen utama pembentuk estetika dari MUTU Loka Cafe. Penggunaan bata tempel terakota yang dibentuk melengkung menjadi tempat duduk menambah keunikan visual dan fungsi tambahan bagi pengunjung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan material arsitektur berperan signifikan dalam menciptakan estetika. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa material pada MUTU Loka Cafe dapat menciptakan estetika berdasarkan yang didapat dari ekspresinya Temuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk memberikan wawasan bagi desainer dan pemilik kafe lainnya dalam merancang ruang yang estetis.