Abstract:
Kinerja karyawan adalah fondasi kinerja organisasi Pada industri yang sangat kompetitif seperti perbankan, kinerja karyawan sangat penting karena kinerja karyawan secara langsung mempengaruhi tingkat kinerja perusahaan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang salah satunya adalah gaya kepemimpinan transformasional. BNI cabang Medan mengalami masalah berupa tidak tercapainya target cabang yang disebabkan oleh tidak tercapainya target karyawan. Pada penelitian ini, diduga faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah gaya kepemimpinan transformasional yang memiliki 4 dimensi yaitu inspirational motivation, idealized influence, intellectual stimulation, dan individualized consideration. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan gaya kepemimpinan transformasional pada BNI Cabang medan, mengetahui bagaimana Tingkat kinerja karyawan pada BNI Cabang Medan, dan mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis applied research dengan metode eksplanatori serta bersifat cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 104 orang dari populasi 138 orang. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan uji regresi linear berganda yang dilakukan menggunakan Microsoft excel dan IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 dari 4 dimensi dari variabel gaya kepemimpinan transformasional yaitu inspirational, motivation dan idealized influence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Sedangkan 2 dimensi lainnya yaitu intellectual stimulation dan individualized consideration tidak memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan. Selain itu, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan bahwa variabel kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan transformasional sebesar 88.2%.