dc.description.abstract |
Pendahuluan - Kedai kopi merupakan tempat yang menyediakan minuman olahan kopi dengan menyajikan tempat yang nyaman untuk konsumen menikmati kopi. Salah satu kedai kopi di Kota Bandung adalah Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung. Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung terletak di perumahan Summarecon Bandung yang berdiri pada tahun 2019. Penulis mendapati fenomena bahwa intensitas kunjungan dari Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung lebih sedikit dibandingkan kedai kopi sekitarnya seperti Kopi Soe. Melihat fenomena tersebut, penulis ingin mengetahui apa masalah yang terjadi dengan melakukan observasi dan melaukan preliminary research. Berdasarkan hasil preliminary research, penulis mendapatkan bahwa alasan konsumen tidak ingin berkunjung kembali karena Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung memiliki tempat yang panas, tempat yang kurang nyaman, tempatnya yang kotor dan tidak rapi, tidak memiliki fasilitas yang lengkap, pelayanan yang tidak memuaskan, sedikitnya menu baru, dan lokasi yang jauh. Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan atas Store atmosphere (X) dengan dimensi exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), interior (POP) display (X4), dan niat kunjung ulang (Y). Selain itu penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan atas Store atmosphere (X) dengan dimensi exterior, general interior, store layout, dan interior (POP) display terhadap Niat Kunjung Ulang pada Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung. Metode Penelitian – Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data sampel yang digunakan yaitu judgment sampling dengan kategori responden yang pernah berkunjung dan melakukan dine-in di Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung. Responden yang dikumpulkan berjumlah 100 dengan pengolahan data analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda. Hasil – Berdasarkan dari pengolahan data yang telah dilakukan menunjukan bahwa exterior, general interior, store layout, dan interior (POP) display secara bersamaan memiliki kontribusi sebesar 81,5% dan sisanya 19,5% terdapat faktor lain yang tidak diamati pada penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menyatakan bahwa store atmosphere dengan dimensi exterior, general interior, store layout, dan interior (POP) display memiliki pengaruh positif terhadap Niat Kunjung Ulang pada Kedai Kopi Kulo Summarecon Bandung. |
en_US |