Abstract:
Perkembangan Food and Beverages di Kota Bandung semakin meningkat, salah satunya adalah coffee shop. Hal ini di karenakan bisnis coffee shop sangat menguntungkan bagi sebagian masyarakat di Kota Bandung. Morgy Coffee merupakan salah satu coffee shop yang ada di Kota Bandung yang memiliki
kelebihan dibandingkan dengan pesaing coffee shop lainnya. Tetapi Morgy Coffee memiliki kekurangan yang membuat konsumen tidak mau datang kesana lagi. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan strategi baru bagi Morgy Coffee.
Pada penelitian ini menggunakan analisis strategi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara dan observasi. Data yang telah diperoleh lalu di analisis menggunakan analisis fungsi bisnis, Matriks Faktor Internal Evolution (IFE), PESTLE, Porter’s Five Forces, Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), dan Matriks Internal – Eksternal (IE). Hasil penelitian menunjukan bahwa Morgy Coffee empat (4) kekuatan, tiga (3) kelemahan, empat (4) peluang, tiga (3) ancaman. Berdasarkan hasil matriks internal dan eksternal (IE) didapatkan bahwa Morgy Coffee berada kuadran satu (1). Oleh karena itu strategi yang cocok di lakukan oleh Morgy Coffee adalah penetrasi pasar.