Abstract:
Setiap perusahaan berkewajiban untuk memberikan produk atau jasa yang terbaik. Untuk menghasilkan yang terbaik, para karyawan perlu untuk memberikan kinerja yang baik. Berdasarkan hasil preliminary research ditemukan bahwa sebagian karyawan tidak mampu untuk menyelesaikan tugasnya sesuai dengan batas waktu, selain itu karyawan merasa adanya ketidakadilan dalam pembagian tugas, karyawan yang masih telat dalam absensi kehadiran dan sering pula pulang lebih dahulu meski jam kerja masih berlangsung, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat employee engagement (X1) beserta dimensinya (Vigor, Dedication, Absorption), tingkat beban kerja (X2) beserta dimensinya (Faktor Internal, Faktor Eksternal), tingkat kinerja karyawan (Y) beserta dimensinya (Kuantitas Kerja, Kualitas Kerja, Tanggung Jawab, Kerjasama, Inisiatif), pengaruh employee engagement terhadap kinerja karyawan dan pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan di PT "XYZ". Penelitian ini berjenis applied research yang dilakukan dengan metode eksplanatori dan bersifat kuantitatif, pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada PT "XYZ". Peneliti melakukan analisis dan mengolah data dengan uji regresi linear berganda serta analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan tingkat employee engagement dan kinerja karyawan PT "XYZ" berada di kategori sedang, selain itu tingkat beban kerja PT "XYZ" berada di kategori tinggi. Lebih lanjutnya, variabel employee engagement berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sedangkan variabel beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan.