Abstract:
Sejak terjadinya pandemi Covid-19, banyak perusahaan-perusahaan atau UMKM mengalami penurunan atau bahkan hingga gulung tikar. Akan tetapi, perusahaan asuransi menjadi hal yang sebaliknya, dimana pasca pandemi perusahaan asuransi mengalami peningkatan. Pasca pandemi yang telah dilalui perusahaan, menghasilkan evaluasi yang dapat digunakan untuk menciptakan strategi bisnis yang baru, dan dari evaluasi tersebut juga dapat melihat seberapa efektif strategi yang telah digunakan oleh perusahaan Prudential.
Kinerja bisnis yang telah dilakukan selama masa pandemi menciptakan strategi bisnis baru, dimana hal tersebut muncul karena adanya evaluasi kinerja pada masa pandemi. Strategi tersebut juga didukung dari hasil kinerja yang dievaluasi berdasarkan baik secara internal maupun eksternal perusahaan. Untuk mendukung strategi bisnis yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja yang dilakukan Prudential memiliki perubahan yang diakibatkan pandemi Covid-19. Dimana dalam proses bisnis internal terdapat perubahan yang berawal dari sistem konvensional berubah menjadi digital. Dari hasil evaluasi kinerja, dapat merumuskan seberapa efektif kinerja yang telah dilakukan perusahaan. Dengan itu, maka akan terlihat strategi apa yang tepat untuk perkembangan jangka panjang perusahaan. Hal ini, memperlihatkan bagaimana peluang dan ancaman yang dapat dilihat dari faktor eksternal, dan juga kelebihan dan kekurangan yang dapat dilihat dari faktor internal. Dari ancaman perusahaan yang terjadi, menjadikan hal ini adalah suatu peluang dimana bagaimana Prudential dapat menangani ancaman tersebut, dan menjadikan peluang baru dalam operasional perusahaan.
Oleh karena itu, dari perubahan yang terjadi tersebut menimbulkan beberapa implikasi yang berpengaruh pada kinerja perusahaan. Proses bisnis yang lebih mengarah pada digitalisasi membuat para agen lebih dekat dan hidup dengan teknologi, di tengah perubahan zaman ini. Maka dari itu, perubahan kinerja bisnis yang memaksimaklan digitalisasi menjadikan strategi bisnis yang sesuai dengan perusahaan Prudential adalah Strategy Differentiation, yang mana dalam setiap kinerja yang telah dilakukan mengarah pada strategi diferensiasi, dan berbeda dengan perusahaan lain. Untuk strategi yang akan dilakukan dimasa kedepan dalam memperhitungkan implikasi pertumbuhan jangka panjang perusahaan juga perlu memfokuskan pada strategy differentiation dengan mengutamakan pengembangan pada kinerja perusahaan.