Pengaruh Reliability, Responsiveness & Assurance terhadap niat beli ulang pelanggan LUMINA Entertainment

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.advisor Anggita, Meidila
dc.contributor.author Nafisa, Qinthara Najma
dc.date.accessioned 2024-11-07T09:38:21Z
dc.date.available 2024-11-07T09:38:21Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46508
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19364
dc.description 46318 - FE en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari dimensi reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), dan assurance (jaminan) terhadap niat beli ulang pelanggan LUMINA Entertainment. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kontroversi yang terjadi pada acara "WayV On My Youth Face to Face Album Sign Event in Jakarta" yang menimbulkan ketidakpuasan di kalangan penggemar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 105 responden yang pernah menggunakan jasa LUMINA Entertainment. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan LUMINA Entertainment cenderung negatif. Mayoritas responden menilai LUMINA kurang informatif, tidak dapat diandalkan, dan tidak menepati janji (reliability). Selain itu, LUMINA dianggap tidak responsif terhadap keluhan dan tidak memberikan solusi yang memadai (responsiveness). Karyawan LUMINA juga dinilai kurang handal dalam mengatasi masalah, dan perusahaan dinilai tidak mampu mengatasi kekhawatiran pelanggan (assurance). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kualitas layanan, yang diukur melalui ketiga dimensi tersebut, berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0.899 yang berarti 89.9% variabel niat beli ulang dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini. Assurance memiliki pengaruh paling kuat (0.613), diikuti oleh reliability (0.260), dan responsiveness (0.090). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa persepsi negatif terhadap kualitas layanan LUMINA Entertainment berpengaruh signifikan terhadap penurunan niat beli ulang pelanggan. LUMINA Entertainment disarankan untuk melakukan perbaikan pada ketiga dimensi kualitas layanan, terutama assurance, untuk membangun kembali kepercayaan dan meningkatkan niat beli ulang pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject RELIABILITY en_US
dc.subject ASSURANCE en_US
dc.subject RESPONSIVENESS en_US
dc.subject KUALITAS LAYANAN en_US
dc.subject NIAT BELI ULANG en_US
dc.subject EVENT ORGANIZER en_US
dc.subject LUMINA ENTERTAINMENT en_US
dc.subject KONSER K-POP en_US
dc.subject FANSIGN MEETING en_US
dc.title Pengaruh Reliability, Responsiveness & Assurance terhadap niat beli ulang pelanggan LUMINA Entertainment en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6032001180
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8915750022
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account