Abstract:
Pendahuluan – Solaria awal mulanya didirikan pada tahun 1995. Solaria merupakan rumah makan sederhana yang didirikan oleh Aliuyanto, S.E. yang merupakan karyawan biasa. Solaria amat dikenal karena hampir di semua mall besar bahkan di pinggiran jalan terdapat restoran ini. Solaria mempunyai simbol “Your Culinary Journey” karena Solaria selalu berusaha memberikan suasana yang nyaman bagi konsumen. Berdasarkan data pada GoodStats, Solaria menempati posisi kelima sebagai 10 restoran terlaris di Indonesia. Namun, salah satu cabang Solaria yang ada di mall PVJ Bandung Nampak sepi pengunjung. Selain itu juga rating dari Solaria PVJ lebih rendah daripada rating cabang Solaria lainnya yang ada di Bandung. Kemudian penulis melakukan preliminary research dengan mewawancarai 40 orang dan hasilnya sebanyak 37 responden tidak berniat untuk melakukan pembelian ulang Solaria PVJ. Alasan mereka tidak berniat untuk membeli ulang Solaria PVJ adalah karyawannya tidak bersikap sopan, porsi makan sedikit, makanannya tidak ada rasa, alat makan kotor, penyajian makan yang sangat lama, karyawan tidak respon pada kebutuhan konsumen, makanannya kurang fresh, dan penerangannya kurang. Maka dari itu, penulis melihat bahwa ada masalah terhadap kualitas makanan dan kualitas pelayanan dari Solaria PVJ. Tujuan – tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service quality dan food quality terhadap menurunya niat beli ulang Solaria PVJ. Metode Penelitian – penelitian ini menggunakan metode explanatory research dan deskriptif kariena pienulis miembierikan gambaran tierhadap piermasalahan yang tierjadi pada Solaria PVJ dan mienjielaskan kietierkaitan hubungan antara variabiel mielalui uji hipotiesis. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 200 orang dengan kriteria pernah mengunjungi secara langsung dan pernah membeli produk Solaria PVJ. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda Hasil Penelitian – terdapat pengaruh yang signifikan antara service quality dan food quality terhadap Niat beli ulang. (regresi, koefisien)