Abstract:
Kopi Popi Coffee & Roastery merupakan coffee shop yang terletak di Jalan Mawar Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat yang menyediakan biji kopi, minuman kopi, minuman non-kopi, hingga makanan ringan dan berat. Kopi Popi memiliki suasana alam yang asri dimana ornamen coffee shop banyak terbuat dari ukiran kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen atas price, food quality, dan physical environment terhadap niat beli ulang di Kopi Popi Coffee & Roastery. Persepsi akan price adalah pandangan konsumen terhadap nilai yang diperoleh dari pembelian (Schiffman dan Wisenblit, 2015). Food quality adalah pengukuran kualitas makanan yang mengacu pada aspek seperti ukuran, presentasi, rasa, dll (Shahzadi et al, 2017). Sementara, physical environment pada elemen tidak berwujud dan berwujud dalam tempat makan, seperti desain interior, aksesoris, kebersihan lantai, termasuk pencahayaan, suhu, aroma, suara, kualitas udara, dan musik (Hanaysha, 2016). Hal ini merupakan aspek penting karena dapat membentuk kepuasan konsumen dan berdampak pada niat beli ulang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang bertujuan menjelaskan sebab-akibat. Berdasarkan manfaatnya termasuk ke dalam applied research karena diharapkan mampu memberikan solusi dari permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mencari tahu gejala dan kuantitatif untuk pengujian hipotesis penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode judgement sampling. Secara spesifik kriteria sampel merupakan orang yang suka mengunjungi coffee shop, cafe, ataupun restoran, dalam sebulan minimal 3-4 kali mengunjungi coffee shop, cafe, ataupun restoran, dan pernah mengunjungi Kopi Popi paling lama (maksimal) 6 bulan lalu. Hasil dari penelitian ini, ketiga variabel yaitu, kualitas makanan, lingkungan fisik, dan harga berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap niat beli ulang dan perubahan variabel niat beli ulang dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan fisik dan variabel harga.