Abstract:
Pada persaingan industri yang pesat membawa dampak timbulnya persaingan usaha yang sangat ketat di dalam bidang pelayanan terhadap pelanggan khususnya bengkel otomotif. Kondisi demikian menuntut setiap perusahaan bengkel untuk memiliki keunggulan yang kompetitif. Keunggulan kompetitif dapat diperoleh dengan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan dapat memberdayakan sumber daya secara efektif dan efisien. Berdasarkan rumusan masalah, maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, bagaimana tingkat disiplin kerja karyawan bagian montir, dan pengaruh dari kepuasan kerja terhadap disiplin kerja karyawan montir perusahaan CV. Pratama Motor Kota Bandung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan IBM SPSS 26. Data yang diperoleh diolah dengan analisis statistik deskriptif dan juga uji regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan di jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung dengan montir sebanyak 41 orang sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan montir CV. Pratama Motor berada pada kategori “buruk” dengan skor rata- rata 1,86, sedangkan disiplin kerja secara keseluruhan berada dalam kategori “buruk” dengan skor rata-rata 1,96. Analisis regresi menyatakan bahwa kepuasan kerja berkontribusi positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, dengan jumlah kontribusi 76,5%. Maka dapat diartikan bahwa jika perusahaan dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan maka tingkat disiplin kerja mereka juga akan meningkat.