Abstract:
Setelah hampir 3 tahun mengalami pandemi COVID-19, di tahun 2023 ini, sudah memasuki era baru dimana mobilitas masyarakat sudah kembali meningkat. Salah satu kendaraan kendaraan dengan pengguna paling banyak adalah sepeda motor. Sepeda motor yang beredar di masyarakat memiliki banyak jenis dan tipenya, salah satu pemain besar dalam industri vespa adalah Piaggio Group dengan produk scooter matic mereka yaitu Vespa. Maraknya pembelian dan bertambahnya pemilik motor jenis Vespa ini mengakibatkan bertambahnya demand tempat servis untuk motor Vespa. Hal ini membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk memulai usaha bengkel servis dan perbaikan seperti yang dilakukan oleh Bengkel Vespa Moscow. Bengkel Vespa Moscow dalam melakukan penjualan produk atau jasanya memanfaatkan teknologi untuk dapat memasarkan produknya. Dengan akun Instagram @moscow_bdg penulis melihat adanya fenomena Content Marketing yang di unggah pada akun Instagram yang dilakukan berbagai perusahaan di Indonesia untuk dapat memiliki tingkat Customer Engagement yang tinggi. Berdasarkan hasil preliminary research, observasi dan kumpulan data sekunder, disimpulkan bahwa terdapat keraguan atas Content Marketing terhadap Customer Engagement pada akun Instagram Moscow_bdg. Penulis memiliki tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh Content Marketing (X) beserta setiap dimensinya (Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuasion, Decision Making, dan Life Factors) terhadap Customer Engagement (Y) pada akun Instagram Moscow_bdg. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode explanatory dan termasuk dalam penelitian cross sectional dan penelitian ini bersifat kuantitatif dalam proses pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria responden yaitu merupakan followers pada akun Instagram Moscow_bdg dan pernah membaca Content Marketing pada akun Instagram Moscow_bdg. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Setelah mengumpulkan total 215 responden, penulis menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan hasil bahwa dari kelima dimensi variabel Content Marketing yang terdiri dari dimensi reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factors, hanya dimensi reader cognition, sharing motivation, persuasion dan life factors yang memiliki pengaruh positif terhadap customer engagement dengan kontribusi sebesar 17,2%. Dimensi lainnya, yaitu decision making tidak berpengaruh secara positif atas customer engagement pada akun Instagram @Moscow_bdg