Abstract:
Tingginya pengguna internet di Indonesia sebanding dengan peningkatan masyarakat akan
konsumsi hiburan secara daring. Platform SVOD menjamur dan menjadi salah satu pilihan
utama masyarakat untuk mengisi waktu luang. Terdapat beragam Platform SVOD yang
popular di Indonesia seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Prime, HBO, dan masih banyak
lainnya. Netflix menjadi salah satu Platform SVOD yang paling popular di Indonesia, dan
memiliki tingkat active users yang tinggi. Namun hal ini tidak sebanding dengan tingkat
consumer spend Netflix. Berdasarkan hasil preliminary research, terdapat 61,7%
responden yang menjawab tidak ingin berlangganan atau lanjut berlangganan Platform
streaming Netflix. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti bosan, harga, serta
kemudahan dalam meminjam akun Netflix orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Perceived Value
(X) terhadap Purchase Intention (Y) melalui Satisfaction (Z) pada Platform streaming
Netflix. Penelitian ini adalah applied research yang menggunakan metode explanatory
serta metode cross sectional study. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan
alat bantu kuesioner serta perangkat lunak SmartPLS, dan juga Microsoft Excel. Penelitian
ini juga menggunakan eknik pengambilan data non-probability sampling yakni purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 221
responden, yang hasilnya kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan nilai ratarata
hitung serta metode modus. Kemudian data diolah dan diuji menggunakan SEM-PLS.
Berdasarkan hasil analisis SEM-PLS menggunakan SmartPLS, ditemukan bahwa
Customer Perceived Value berpengaruh signifikan sebesar 35% terhadap purchase
intention, Customer Perceived Value berpengaruh signifikan sebesar 67,9% terhadap
satisfaction , satisfaction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention,
serta hasil penelitian juga menunjukkan bahwa satisfaction tidak berfungsi sebagai variabel
intervening antara Customer Perceived Value dan purchase intention.