Abstract:
Kinerja pegawai yang tinggi di sektor publik memiliki dampak langsung
terhadap kepuasan pelanggan, menciptakan hubungan positif antara pelayanan
berkualitas dan kepercayaan masyarakat. Ketika pegawai memberikan pelayanan
seperti tanggap terhadap kebutuhan pelanggan, memberikan solusi yang tepat,
atau memberikan pelayanan yang ramah, hal ini akan meningkatkan kepuasan
pelanggan. SAMSAT Kabupaten Bandung Barat adalah sebuah sistem
administrasi kendaraan bermotor yang bertugas dalam proses pembayaran pajak
dan perpanjangan STNK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi
kinerja pegawai dan kepuasan pelanggan di Kantor SAMSAT Kabupaten
Bandung Barat. Penelitian ini menerapkan model analisis regresi linier sederhana
menggunakan data primer kinerja pegawai dan kepuasan pelanggan SAMSAT
Kabupaten Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu, kinerja pegawai
berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.