Abstract:
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau bisa disebut Pemerlu
Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) merupakan sebuah permasalahan sosial yang
sering terjadi di Kota Bandung pada terjadi nya masalah pmks ini masih sering terjadi nya
aktivitas dari penyandang kesejahteraan sosial yang berkeliaran di Kota Bandung. Tujuan
dalam penelitian ini untuk melihat dalam pelayanan yang dilakukan oleh Uptd.Rumah
Singgah Dinas Sosial Kota Bandung dalam mengatasi Penyandang Masalah Kesejahteraan
Sosial (PMKS) di Kota Bandung dilihat dalam kualitas layanan yang diberikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Penelitian ini menggunakan
Teori kualitas pelayanan Zeithaml dilihat dalam ukuran dimensi kualitas pelayanan yang
memiliki lima(5) dimensi kualitas layanan yaitu, (1) Reliability, (2) Responsiveness, (3)
Assurance, (4) Emphanty, (5) Tangible. Pada teori ini melihat kedalam kualitas pelayanan
yang dilakukan Uptd.Rumah Singgah untuk Penyadang Masalah Kesejahteraan Sosial
(PMKS) dalam melakukan pelayanan tersebut sudah baik atau buruk dalam pelayanan yang
dilakukan bedasarakan ukuran dimensi kualitas tersebut.
Hasil penelitian pada ukuran dimensi kualitas pelayanan di Uptd.Rumah Singgah dalam
pelayanan yang dilakukan sudah baik. Pelayanan ini dinyatakan baik dalam kualitas
layanan dalam pelayanan yang dilakukan dalam reliability sudah baik dalam
menyelenggarakan pelayanan yang dijanjikan secara akurat, responsiveness dalam
merespon pelayanan dengan baik, assurance dalam jaminan layanan telah terpenuhi,
Empathy dalam hubungan pelayanan antara petugas dan penerima layanan sudah baik,
tangbiles dalam fasilitas pelayanan di Uptd.Rumah Singgah sudah baik.