Abstract:
Penelitian ini menganalisis turnaround time parkir di Universitas Katolik Parahyangan. Studi
tentang turnaround time masih terbatas di perguruan tinggi Indonesia. Dalam memahami
karakteristik permintaan parkir, perlu pemahaman khususnya turnaround time, guna mendukung
pengelolaan fasilitas parkir yang efisien. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan
profil distribusi statistik dan menganalisis perbandingan profil turnaround time berdasarkan variasi
hari, minggu, jadwal perkuliahan, dan jenis kendaraan dengan menggunakan data sekunder dari
pengelola parkir. Hasil menunjukkan pola yang rumit dan beragam untuk mobil dan motor, dengan
distribusi memiliki kemencengan positif. Hasil uji Anderson-Darling mengungkapkan distribusi 3-
parameter gamma cocok untuk mobil dan 3-parameter lognormal cocok untuk motor. Perbedaan
signifikan terlihat antara hari kerja dan akhir pekan, serta berdasarkan jadwal perkuliahan. Pengguna
mobil cenderung parkir lebih lama pada hari kerja, sementara motor justru lebih lama pada hari
Minggu. Secara keseluruhan, motor memiliki rata-rata turnaround time parkir lebih panjang
dibandingkan mobil.