Abstract:
Penting bagi suatu perusahaan untuk memperhatikan kenyamanan karyawan saat bekerja agar hasil kerja yang diberikan karyawan dapat sesuai dengan tujuan perusahaan. Maka kepuasan kerja karyawan menjadi faktor penting bagi Perusahaan Umum BULOG Kantor Wilayah Jawa Barat. Penulis menemukan adanya fenomena beban kerja yang berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil preliminary research yang dilakukan untuk mengetahui masalah yang terjadi di perusahaan, ditemukan adanya masalah pada beban kerja yang diberikan perusahaan yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Beban Kerja (X) beserta dimensinya (Beban Mental, Beban Waktu, Beban Fisik), Kepuasan Kerja (Y) beserta dimensinya (Apresiasi atas hasil kerja, Pemenuhan nilai terhadap diri sendiri, Supervisi, Gaji dari perusahaan, Kesempatan untuk maju (promosi)), pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di Perusahaan Umum BULOG Kantor Wilayah Jawa Barat.
Metode penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik non-probability sampling digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan 40 responden dari keseluruhan populasi dengan cara penyebaran kuesioner kepada sampel karyawan Perusahaan Umum BULOG Kantor Wilayah Jawa Barat. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Berawal dari hasil pengujian dan analisis data, ditemukan tingkat beban kerja dan kepuasan kerja karyawan Perusahaan Umum BULOG Kantor Wilayah Jawa Barat berada pada interpretasi cukup. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa beban kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan.