Abstract:
Industri bisnis digital mengalami pertumbuhan sangat cepat dan meningkatnya permintaan akan tenaga kerja tetap stabil cenderung semakin meninggi. Dalam menghadapi dinamika lingkungan bisnis yang terus berkembang, PT.XYZ perlu memahami dan menyesuaikan budaya mereka, sebagai perusahaan yang baru berdiri pada tahun 2017, PT.XYZ belum memiliki pemahaman yang cukup tentang budaya organisasi yang sedang berkembang di perusahaan saat ini dan budaya organisasi yang diharapkan oleh karyawan dalam rentang waktu 5 tahun ke depan. Dalam rangka ini, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi budaya organisasi yang tengah berlangsung di PT. XYZ pada saat ini, serta menggali informasi mengenai budaya organisasi yang diinginkan oleh karyawan dalam jangka waktu 5 tahun mendatang. Dengan memahami secara mendalam budaya organisasi saat ini, PT. XYZ dapat memberikan arahan kepada anggota organisasinya untuk bersatu dalam visi dan misi yang seragam, sekaligus merancang strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh karyawan PT. XYZ. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling, dimana 30 karyawan PT. XYZ, diikutsertakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara untuk tahap penelitian awal dan distribusi kuesioner menggunakan Organizational Cultural Assessment Instrument (OCAI) yang telah diterjemahkan kepada 30 karyawan PT. XYZ. Dari hasil pengolahan dan analisis data, dapat diketahui tipe budaya organisasi PT. XYZ saat ini secara keseluruhan didominasi oleh budaya clan, dengan poin sebesar (27,62). Diikuti dengan tipe budaya Adhocracy dengan poin sebesar (26,31), budaya Hierarchy sebesar (23,60) dan Market sebesar (23.40). Secara keseluruhan, budaya yang paling dominan di PT. XYZ yaitu budaya Clan. Sedangkan tipe budaya organisasi yang diharapkan PT. XYZ dalam 5 tahun yang akan datang yaitu, tipe budaya Clan dengan poin sebesar (31,3). Diikuti dengan tipe budaya Adhocracy dengan poin sebesar (24,9), budaya Hierarchy sebesar (23,8) dan Market sebesar (20.1). Secara keseluruhan, budaya yang paling dominan di PT. XYZ yaitu budaya Clan.