Abstract:
Dunia kuliner sebagai salah satu industri yang cukup berkembang di Indonesia,khususnya pada industri kuliner makanan cepat saji. Namun dengan adanyaperkembangan pada industri kuliner tersebut membuat para pelaku bisnis harusdapat berkompetitif agar mereka dapat bertahan dalam pasar yang cukup dinamisini.California Fried Chicken Singgasana Bandung adalah salah satu cabangrestoran California Fried Chicken yang menyediakan makanan cepat saji yangmenjadi makanan utamanya yaitu fried chicken yang menjadi salah satu makanankegemaran masyarakat Indonesia, namun berdasarkan preliminary research yangdilakukan, penulis menemukan fenomena bahwa rendahnya niat beli ulangkonsumen terhadap California Fried Chicken Singgasana Bandung yangdisebabkan oleh food quality dengan dimensi rasa, warna, tekstur dan porsi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atasfood quality California Fried Chicken Singgasana Bandung dan pengaruh foodquality terhadap niat beli ulang konsumen California Fried Chicken SinggasanaBandung. Analisis yang digunakan penulis adalah analisis regresi linear sederhana.Pada hasil analisis, penulis dapat menyimpulkan bahwa persepsi konsumen atasFood quality pada dimensi rasa, variasi menu, temperatur, penampilan, aroma,kesegaran belum memiliki persepsi positif dibenak konsumen, namun persepsi foodquality tidak seluruhnya buruk karena, terdapat beberapa responden yang masihmenjawab netral, setuju dan sangat setuju. Kemudian persepsi konsumen atas niatbeli ulang masih belum memiliki persepsi yang positif dibenak konsumen, namuntidak seluruhnya buruk karena masih ada responden yang menjawab netral, setujudan sangat setuju. Dalam penelitian ini food quality memiliki pengaruh positif dansignifikan terhadap niat beli ulang konsumen California Fried Chicken SinggasanaBandung, dengan kontribusi sebesar 60.5% dan sisanya sebesar 39.5% dipengaruhioleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskna dalam penelitian ini.Maka dari itu penulis memiliki harapan bahwa California Fried chickenSinggasana Bandung dapat memberikan perbaikan pada dimensi food qualitydengan pelatihan pada karyawan, dan pemilihan bahan makanan yang baik dansegar sehingga mendapatkan rasa dan penampilan yang maksimal.