dc.description.abstract |
UMKM (Usaha mikro kecil menengah) merupakan salah satu tiang perekonomian negara Indonesia. Terdapat beragam UMKM yang bergerak pada bidang yang berbeda-beda. dengan adanya kemajuan teknologi pada zaman ini dan kehadiran media sosial yang membantu dalam menyampaikan informasi perlu membuat UMKM beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Ada banyak jenis media sosial dan salah satu yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Instagram merupakan media yang dapat membantu setiap orang untuk saling bertukar informasi dan memiliki fitur-fitur seperti like, comment, share, ads dan lain -lain. Melihat hal ini tentunya instagram merupakan media sosial yang dapat menjadi sarana periklanan yang dapat digunakan umkm. Salah satu umkm yang menggunakan instagram Ads adalah Djnk.Tasfoto. Djnk.tasfoto merupakan umkm yang beroperasi secara online dengan menggunakan media sosial instagram. Namun berdasarkan hasil dari pengamatan yang dilakukan, penulis menemukan permasalahan bahwa terdapat penurunan penjualan yang memungkinkan adanya penurunan niat beli. Tujuan peenlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh instagram ads (X) dengan seluruh dimensinya (informasi, gambar, audio, harga, dan promosi) terhadap niat beli (Y) UMKM Djnk.Tasfoto. Penelitian ini merupkan applied research yang menggunakan metode crosssectional dan metode explanatory. Penelitian ini juga bersifat kuantitatif dengan pengumpulan sampel menggunakan metode judgement sampling dengan kriteria orang yang pernah melihat iklan Djnk.Tasfoto dan pernah melihat instagram Djnk,Tasfoto. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada 126 responden. Hasil dari data tersebut dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif seluruh dimensi variabel instagram (infromasi, gambar, audio, harga, dan promosi) memiliki iterpretasi baik. Lalu didapatkan hasil dengan regresi linear berganda bahwa dimensi variabel instagram gambar,audio dan harga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli konsumen umkm Djnk.Tasfoto dengan kontribusi sebesar 55,6%. Sedangkan dimensi variabel instagram informasi dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel niat beli konsumen umkm Djnk.Tasfoto. |
en_US |