Usulan strategi digital marketing produk perawatan tubuh alami D’Baloer

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Darmawan, Nadinka Alesya
dc.date.accessioned 2024-10-02T07:14:41Z
dc.date.available 2024-10-02T07:14:41Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45784
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18877
dc.description 6396 - FTI en_US
dc.description.abstract D’Baloer merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang perawatan tubuh berbahan alami. Usaha ini mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh pemasaran D’Baloer yang terbatas karena hanya berfokus pada media konvensional, seperti word of mouth dan event atau pameran. Sehingga, tingkat engagement D’Baloer dalam media digital masih tergolong rendah. Dalam merancang strategi digital marketing yang efektif bagi D’Baloer, dilakukan melalui beberapa tahapan metode, yaitu analisis SWOT dengan perolehan 5 kekuatan, 3 kelemahan, 4 peluang, dan 4 ancaman yang dihadapi oleh D’Baloer. Keempat faktor tersebut menjadi dasar dalam perancangan strategi pada analisis matriks TOWS, yang menghasilkan 12 strategi dalam menghadapi SWOT, termasuk penggunaan media digital marketing dalam berbagai platform. Kemudian, melalui metode Porter’s Five Forces Analysis dapat diketahui bahwa kemampuan D’Baloer saat ini dalam menghadapi ancaman eksternal berada pada tingkat sedang hingga tinggi, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam menanggapi ancaman eksternal. Untuk menyesuaikan target pasar yang tepat dengan D’Baloer, metode socio-economic status (SES) menunjukkan bahwa target yang sesuai adalah kalangan menengah ke atas, yaitu kategori upper. Dengan adanya target pasar berdasarkan kalangan ekonomi tersebut, membatasi perancangan strategi digital marketing agar dapat memperhatikan dan memilih strategi yang sesuai dari kalangan upper. Perancangan strategi digital marketing ini dilakukan dengan metode 5A (aware, appeal, ask, act, dan advocate), serta evaluasi berdasarkan empat kriteria, yaitu konsistensi, kesesuaian, keunggulan, dan kelayakan, ditemukan bahwa strategi pemasaran yang diperlukan harus lebih proaktif melalui penerapan digital marketing, termasuk media sosial, search engine optimization, iklan online, dan e-mail. Media sosial yang unggul untuk digunakan adalah Instagram dan Tiktok. Content marketing juga menjadi bagian penting dari strategi dengan intensivitas pengunggahan yang tinggi, serta konten yang menarik. Affiliate marketing juga diintegrasikan sebagai bagian penting dari strategi agar dapat mempengaruhi audiens secara luas. Iklan online juga turut berpartisipasi dalam menjangkau audiens secara komprehensif. Serta pada search engine, yang menunjukkan kesan pertama ketika dilakukan penelusuran, dapat menampilkan Google review yang terbaik dan menyediakan berbagai informasi menarik dengan penentuan keyword yang tepat. Dalam kondisi bisnis yang berubah secara progresif, penerapan strategi digital marketing menjadi semakin tinggi untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha D’Baloer di era digital ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi digital marketing produk perawatan tubuh alami D’Baloer en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6132001167
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account