Abstract:
D’Baloer merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang
bergerak dalam bidang perawatan tubuh berbahan alami. Usaha ini mengalami penurunan
penjualan yang sangat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini
disebabkan oleh pemasaran D’Baloer yang terbatas karena hanya berfokus pada media
konvensional, seperti word of mouth dan event atau pameran. Sehingga, tingkat
engagement D’Baloer dalam media digital masih tergolong rendah. Dalam merancang
strategi digital marketing yang efektif bagi D’Baloer, dilakukan melalui beberapa tahapan
metode, yaitu analisis SWOT dengan perolehan 5 kekuatan, 3 kelemahan, 4 peluang, dan
4 ancaman yang dihadapi oleh D’Baloer. Keempat faktor tersebut menjadi dasar dalam
perancangan strategi pada analisis matriks TOWS, yang menghasilkan 12 strategi dalam
menghadapi SWOT, termasuk penggunaan media digital marketing dalam berbagai
platform. Kemudian, melalui metode Porter’s Five Forces Analysis dapat diketahui bahwa
kemampuan D’Baloer saat ini dalam menghadapi ancaman eksternal berada pada tingkat
sedang hingga tinggi, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam menanggapi
ancaman eksternal. Untuk menyesuaikan target pasar yang tepat dengan D’Baloer,
metode socio-economic status (SES) menunjukkan bahwa target yang sesuai adalah
kalangan menengah ke atas, yaitu kategori upper. Dengan adanya target pasar
berdasarkan kalangan ekonomi tersebut, membatasi perancangan strategi digital
marketing agar dapat memperhatikan dan memilih strategi yang sesuai dari kalangan
upper. Perancangan strategi digital marketing ini dilakukan dengan metode 5A (aware,
appeal, ask, act, dan advocate), serta evaluasi berdasarkan empat kriteria, yaitu
konsistensi, kesesuaian, keunggulan, dan kelayakan, ditemukan bahwa strategi
pemasaran yang diperlukan harus lebih proaktif melalui penerapan digital marketing,
termasuk media sosial, search engine optimization, iklan online, dan e-mail. Media sosial
yang unggul untuk digunakan adalah Instagram dan Tiktok. Content marketing juga
menjadi bagian penting dari strategi dengan intensivitas pengunggahan yang tinggi, serta
konten yang menarik. Affiliate marketing juga diintegrasikan sebagai bagian penting dari
strategi agar dapat mempengaruhi audiens secara luas. Iklan online juga turut
berpartisipasi dalam menjangkau audiens secara komprehensif. Serta pada search engine,
yang menunjukkan kesan pertama ketika dilakukan penelusuran, dapat menampilkan
Google review yang terbaik dan menyediakan berbagai informasi menarik dengan
penentuan keyword yang tepat. Dalam kondisi bisnis yang berubah secara progresif,
penerapan strategi digital marketing menjadi semakin tinggi untuk mendukung
pertumbuhan dan keberlanjutan usaha D’Baloer di era digital ini.