Usulan peningkatan minat beli pada Toko Sparepart X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawanglupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Lieguna, Fellix
dc.date.accessioned 2024-09-30T08:12:10Z
dc.date.available 2024-09-30T08:12:10Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45769
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18807
dc.description 6381 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri otomotif menjadi salah satu subsektor industri dengan pertumbuhan tertinggi Di Indonesia. Berdasarkan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, penjualan kendaraan roda empat meningkat tajam hingga 28,2% pada Maret 2021, pasca pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19. Kemajuan industri otomotif ini berlangsung hingga saat ini, Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa sektor penjualan industri otomotif baik perdagangan dan reparasi kendaraan menunjukkan peningkatan PDB yang stabil sebesar 4 hingga 7% pada triwulan I hingga III/2023. Toko Sparepart X merupakan toko sukucadang kendaraan roda empat di Kabupaten Karawang. Toko Sparepart X mengalami penurunan omset penjualan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Akar permasalahan yang ditemukan adalah penurunan frekuensi pengunjung, oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat beli pelanggan agar dapat meningkatkan frekuensi kunjungan Toko Sparepart X. Terdapat enam buah variabel independen dalam penelitian ini yang diuji pengaruhnya terhadap minat beli pelanggan yaitu pelayanan, harga, kualitas produk, lokasi, kelengkapan produk, dan saran. Sebanyak 110 data diperoleh dari hasil wawancara pengisian kuesioner secara langsung yang dilakukan dengan teknik quota sampling. Pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan model penelitian yang baik, namun variabel lokasi dan saran tidak berpengaruh secara signifikan. Usulan perbaikan dilakukan dengan menggunakan metode IPMA (Importance Performance Map Analysis) dengan meninjau performansi dari setiap indikator dan variabel. Hasil penelitian ini menghasilkan 11 rekomendasi perbaikan terhadap variabel kelengkapan produk, pelayanan, kualitas produk, dan harga en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan minat beli pada Toko Sparepart X en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6132001014
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account