Pengembangan daftar simak penilaian aspek kemudahan bangunan untuk pencapaian Sertifikat Laik Fungsi pada Gedung Sekolah Inklusif

Show simple item record

dc.contributor.author Noor, Temmy Dwi Ananda
dc.date.accessioned 2024-09-23T08:58:26Z
dc.date.available 2024-09-23T08:58:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45408
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18762
dc.description 7015 - FTS en_US
dc.description.abstract Sekolah inklusif merupakan sekolah yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik termasuk difabel dalam memperoleh ilmu yang sama. Kemendikbud mewajibkan agar pemerintah kabupaten/kota setidaknya memiliki satu sekolah inklusif pada tingkatan SD, SMP, dan SMA untuk setiap kecamatan. Bangunan sekolah inklusif harus memenuhi sertifikat laik fungsi (SLF) agar sesuai dengan fungsionalitas dan keandalan bangunan terkait aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan. Susenas (2020), menyatakan bahwa penderita tuna netra dan tuna daksa menempati posisi pertama (63,7%) dan kedua (38,3%) yang terbanyak di Indonesia, sehingga pengembangan akan dilakukan terhadap aspek kemudahan aksesibilitasnya. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi parameter kemudahan bangunan berdasarkan PP No. 16 Tahun 2021 terkait hubungan horizontal, hubungan vertikal, dan kelengkapan sarana dan prasarana. Pengembangan daftar simak penilaian menggunakan referensi dari peraturan/standar luar negeri, lalu direduksi dengan melakukan studi literatur. Hasil pengembangan kemudian divalidasi oleh TABG dan Arsitek. Pembobotan instrumen penilaian dilakukan dengan metode AHP dan dibuat sistem penilaian berupa skoring pada setiap kriteria penilaian. Penilaian terkait aspek kemudahan dilakukan di Bandung terhadap 1 sekolah negeri dengan nilai 43,24 (< 75) dan 1 sekolah swasta dengan nilai 48,59 (< 75). Rekomendasi diberikan pada kedua sekolah hanya untuk memenuhi batas syarat minimum keandalan bangunan, didapat nilai sekolah negeri 76,14 dan sekolah swasta 75,17. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject ASPEK KEMUDAHAN en_US
dc.subject SEKOLAH INKLUSIF en_US
dc.subject SERTIFIKAT LAIK FUNGSI (SLF) en_US
dc.title Pengembangan daftar simak penilaian aspek kemudahan bangunan untuk pencapaian Sertifikat Laik Fungsi pada Gedung Sekolah Inklusif en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6101901091
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412017609
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account