dc.description.abstract |
Dalam era digitalisasi semakin banyak kemajuan teknologi yang berkembang sangat
pesat yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam pelaku bisnis untuk
mempromosikan produk dengan cara menggunakan celebrity endorser. Salah satunya
yaitu Irma Iryanto yang merupakan salah satu celebrity endorser yang mengerti pada
bidang skincare. Saat ini semakin banyak pengusaha skincare yang menggunakan jasa
celebrity endorser salah satunya yaitu Azrina Beauty. Pemilihan objek ini didasari
karena penulis melakukan preliminary research kepada 10 responden. Menurut hasil
jawaban responden terhadap akun sosial Azrina Beauty didapat bahwa banyaknya
followers tiktok @irma.iryanto yang minimnya tingkat kesadaran merek brand Azrina
Beauty. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan survey kepada 200 responden yang
merupakan followers tiktok dari @irma.iryanto3 dan pernah menonton video
endorsement mengenai produk kecantikan. Penelitian ini merupakan penelitian
applied research dengan menggunakan metode explanatory dan cross sectional.
Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang diambil menggunakan teknik
non probability sampling. Kemudian akan diuji menggunakan Structural Equation
Modeling menggunakan tools AMOS untuk dapat mengetahui personal branding
terhadap brand awareness melalui endorsement pada konten Tiktok @irma.iryanto3
atas produk kecantikan Azrina Beauty. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan bahwa personal branding yang positif berhasil dari akun TikTok @irma.iryanto3 sebagai endorsement memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Meskipun demikian, penelitian juga mengungkapkan bahwa brand awareness terhadap Azrina Beauty masih rendah, dengan sebagian besar responden tidak menyebutkan Azrina Beauty sebagai brand yang muncul pertama kali di benak mereka. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut dari Azrina Beauty untuk memperkuat brand awareness mereka melalui strategi pemasaran yang efektif dan komunikasi visual yang kuat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran konsumen tentang merek mereka. |
en_US |