Abstract:
Kopi memiliki minat yang tinggi di Kota Bandung dan tidak hanya menjadi
sebuah tren untuk kalangan dewasa, tetapi juga telah menjadi gaya hidup di
kalangan berbagai kelompok usia seperti remaja. Konsumsi kopi yang terus
meningkat dari tahun ke tahun mengakibatkan terbukanya peluang usaha kedai
kopi. Coffee Shop Sumiko merupakan sebuah kedai kopi yang berasal dari Kota
Bandung dan berlokasi di Jalan Pasir Kaliki, lebih tepatnya terletak di Pasir Kaliki
Square atau dikenal dengan Paskal. Penjualan Coffee Shop Sumiko dalam
periode Januari 2022 hingga Desember 2022 tidak mencapai target penjualan dan
berdasarkan hasil wawancara dengan 20 orang diketahui 80% tidak mengetahui
Coffee Shop Sumiko, penjualan tidak tercapai diakibatkan oleh rendahnya tingkat
kesadaran. Oleh karena itu perlu dilakukan Upaya peningkatan kesadaran merek.
Terdapat beberapa langkah, langkah pertama adalah menentukan faktor-faktor
yang mempengaruhi kesadaran merek berdasarkan wawancara dan studi literatur
antara lain advertising, social media marketing activities, dan word of mouth.
Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Data
kuesioner kemudian diolah dengan bantuan software smartPLS4. Hasil
pengolahan data menunjukan variable advertising dan word of mouth berpengaruh
signifikan terhadap kesadaran merek. Usulan yang dapat diberikan berupa
menyediakan papan promosi, menyebarkan flyer, menunjukan keunikan produk,
menyediakan sarana ulasan dan komentar, dan membuat promo dimana
konsumen membawa teman dengan jumlah yang ditentukan akan mendapatkan
potongan harga atau tawaran lainnya.