Abstract:
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus berkembang setiap saat di Kota
Bandung khususnya dalam kategori UMKM kafe dan coffee shop. Kafe dan Coffee shop
telah menjadi suatu hal yang tidak asing lagi di zaman sekarang, yang dimana banyak
sekali tempat kafe dan coffee shop yang telah berdiri di daerah Kota Bandung. SeKeTara
merupakan salah satu coffee shop yang berada di Bandung Utara. Dalam 2 bulan setelah
kembali beroperasi di lokasi baru, target penjualan harian masih belum tercapai. Dari hasil
wawancara terhadap 54 orang didapat 72,2% responden yang belum mengetahui
SeKeTara sehingga ketidak tercapainya target penjualan harian disebabkan oleh
rendahnya tingkat kesadaran. Maka dari itu perlu dilakukan upaya peningkatan kesadaran
merek. Langkah pertama adalah untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi
kesadaran merek berdasarkan hasil wawancara dan studi literatur. Terdapat 3 faktor
terpilih yang mempengaruhi kesadaran merek yaitu media sosial, word of mouth, dan
search engine. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Data dari
hasil kuesioner akan diolah menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa variabel sosial media dan word of mouth berpengaruh signifikan
terhadap kesadaran merek. Usulan penelitian berupa menyediakan papan testimoni,
membuat program loyalty, membuat kampanye referral, menyediakan wadah kritik secara
tertutup, menambahkan post foto atau video edukatif terkait dunia kopi, menggunakan
desain grafis pada setiap post foto dan thumbnail video, menampilkan post promosi dan
event yang akan atau sedang berlangsung pada post paling atas, dan menampilkan harga
pada setiap post mengenai produk yang ditawarkan.