Usulan strategi untuk meningkatkan penjualan pada Toko Bintang Baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Renaldo, Sylvester Jovan
dc.date.accessioned 2024-08-22T07:59:33Z
dc.date.available 2024-08-22T07:59:33Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45744
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18379
dc.description 6356 - FTI en_US
dc.description.abstract Beras merupakan makanan pokok bagi kebanyakan orang Indonesia. Setiap tahunnya konsumsi beras mengalami peningkatan yang mengakibatkan peluang usaha toko beras menjadi lebih besar. Toko Bintang Baru merupakan sebuah toko beras yang berada di Jatinegara yang lebih tepatnya berlokasi pada Jl. Pintu Pasar Timur No.31. Toko Bintang Baru selama dua tahun terakhir mengalami penurunan penjualan yang menyebabkan target penjualan tidak tercapai. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pemilik toko diketahui salah satu penyebab terjadinya penurunan penjualan yaitu adalah karena tingkat persaingan yang semakin tinggi dan sulitnya mendapat pelanggan baru dan kurangnya perencanaan strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengusulkan strategi yang tepat untuk diterapkan oleh Toko Bintang Baru. Metode yang digunakan dalam merancang strategi antara lain identifikasi faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan toko, identifikasi faktor eksternal yang diperoleh dari Porter Five Forces, pembuatan matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE untuk mengetahui posisi dari toko. Setelah posisi toko diketahui maka dilanjutkan dengan pembuatan alternatif strategi dalam matriks SWOT yang kemudian alternatif strategi yang telah dibentuk akan diurutkan berdasarkan yang terbaik dengan metode QSPM.Hasil penelitian yang didapat yaitu Toko Bintang Baru berada pada fase grow and build. Pada fase ini terdapat tiga strategi yang dapat digunakan antara lain market penetration, market development, dan product development. Berdasarkan hasil QSPM didapatkan bahwa tiga urutan strategi dari yang terbaik untuk diterapkan antara lain yaitu menjaga kualitas serta memastikan pelayanan yang tinggi terhadap konsumen, mempertimbangkan ekpansi dengan membuka online shop, dan memperluas area layanan jangkauan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi untuk meningkatkan penjualan pada Toko Bintang Baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901108
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430126001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account