Usulan intervensi untuk meningkatkan adopsi motor listrik di indonesia menggunakan Metode Choice Based Conjoint

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Emily, Nathania Ruth
dc.date.accessioned 2024-08-22T07:49:22Z
dc.date.available 2024-08-22T07:49:22Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45743
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18378
dc.description 6355 - FTI en_US
dc.description.abstract Sepeda motor menempati peringkat pertama dalam jenis kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia. Dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor tersebut, berdampak terhadap tingginya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dan emisi gas rumah kaca yang ditimbulkan. Pemerintah mengeluarkan program yaitu mengonversikan motor berbasis Internal Combustion Engine (ICE) menjadi motor listrik. Pemerintah menetapkan target pada tahap 2021-2025 yaitu 1,3 juta motor listrik, namun hingga tahun 2022 hanya tercapai sekitar 25 ribu motor listrik. Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai intervensi yang dapat dilakukan pemerintah yang sesuai dengan preferensi konsumen masyarakat Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode Choice Based Conjoint (CBC) yang diawali dengan identifikasi atribut dan level. Identifikasi atribut dan level dilakukan dengan melakukan wawancara dan didapatkan 4 atribut dan 2-5 level. Atribut yang diperoleh yaitu subsidi harga beli, sistem baterai, charging station, dan privilege. Kuesioner CBC dirancang menggunakan Sawtooth Software yang terdiri dari 12 choice task dan 1 fixed task. Diperoleh sebanyak 110 responden yang merupakan pengguna atau berniat untuk membeli motor listrik. Metode Hierarchical Bayes (HB) digunakan dalam mengestimasi nilai average utility untuk setiap level dan average importance untuk setiap atribut. Diperoleh kombinasi level dan atribut berdasarkan utilitas tertinggi sebagai pembuatan konsep usulan yang dilakukan validasi hasil bersama dengan fixed task dan kondisi saat ini menggunakan market simulator. Konsup usulan mendapatkan nilai share of preference paling tinggi dibandingkan konsep lainnya sebesar 35,24%. Usulan intervensi yang sesuai dengan preferensi konsumen merupakan subsidi harga beli Rp9 juta, sistem baterai swap (lepas), charging station 0-4 km, dan privilege pajak murah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan intervensi untuk meningkatkan adopsi motor listrik di indonesia menggunakan Metode Choice Based Conjoint en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901100
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account