Abstract:
Per tahun 2023 NGASEP.ID membuka kedai makan pertama di pujasera OBC. Seiring
bertumbuhnya bisnis daging asap di kota Bandung, persaingan antar bisnis semakin ketat.
NGASEP.ID merupakan salah satu bisnis daging asap yang sampai saat ini belum mampu
memenuhi target pendapatan bulanan agar dapat tetap bertahan dan bersaing. Penelitian
ini dilakukan untuk membantu pemilik mengidentifikasi dan merumuskan solusi bagi
pemilik agar dapat meningkatkan penjualan kedai NGASEP.ID melalui peningkatan minat
beli konsumen. Penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi variabel penelitian yang
dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk NGASEP.ID. Proses ini
didasarkan pada studi literatur dan wawancara dengan responden agar penentuan variabel
penelitian dapat ditentukan seakurat mungkin. Variabel penelitian yang digunakan pada
penelitian ini terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat. Setelah pembentukan model
penelitian selesai, maka dilakukan pengumpulan data penelitian yang dimulai dari
perancangan kuesioner, penyebaran kuesioner terhadap target pasar yang kemudian data
hasil kuesioner diolah menggunakan metode regresi linear berganda dengan
menggunakan aplikasi SPSS. Adapun hasil pengolahan data menggunakan SPSS yang
didasarkan pada beberapa sumber buku sebagai pedoman pengerjaannya ditemukan
bahwa variabel produk dan harga mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk
daging asap. Perumusan usulan perbaikan yang dilakukan merupakan usulan perbaikan
yang difokuskan terhadap produk dari kedai NGASEP.ID yang sudah didiskusikan dan
disepakati dengan pemilik NGASEP.ID. Hasil penelitian ini menemukan bahwa produk dan
harga mempengaruhi minat beli konsumen terhadap rumah makan atau kedai yang
menjual produk daging asap.