Abstract:
Garden Bakery merupakan bakery pertama di Bandung yang membuat roti-roti kesehatan dan juga berbagai macam roti manis dan kue-kue lainnya yang berdiri sejak 2008. Garden bakery memiliki sebuah kantor yang terletak di Jalan Hegasari No. 1 A, Kelurahan Hegarmana, Kecamatan Cidadap, Bandung dan pabrik yang terletak di Jalan Warung Satu No 123, Rt 01/02 Kp. Bumi Ayu, Kelurahan Sukarukun, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi. Salah satu masalah yang dialami oleh perusahaan Garden Bakery adalah tidak tercapainya target omset perbulan yang telah ditentukan. Hal tersebut menyebabkan pendapatan yang diterima tidak menentu. Pada tahun 2022, perusahaan Garden Bakery mengalami penurunan omset penjualan. Maka dari itu, perlu dilakukan identifikasi awal dan mendapatkan hasil dugaan bahwa faktor bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk roti gandum Garden Bakery. Proses penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan perusahaan Garden Bakery dengan menganalisa pengaruh faktor bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian roti gandum Garden Bakery. Setelah melakukan proses identifikasi atribut dengan membandingkan beberapa jurnal dengan topik serupa dan melakukan proses wawancara kepada beberapa pelanggan yang membeli roti, didapatkan 17 atribut bauran pemasaran dan keputusan pembelian. Seluruh atribut akan menghasilkan 103 data responden dan selanjutnya dilakukan pengolahan data. Namun dikarenakan pada uji validitas yang dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM terdapat tiga atribut yang tidak valid dan digunakan menjadi 14 atribut bauran pemasaran dan keputusan pembelian. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistic biner dengan melakukan uji signikansi antara variabel independent dengan variabel dependent dengan menggunakan SPSS. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh berupa tiga strategi perbaikan promosi yang dapat meningkatkan omset penjualan.