Usulan perbaikan di AHASS DAM berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap minat beli ulang jasa di bengkel motor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Pelletimu, Michael Lourens
dc.date.accessioned 2024-08-21T08:52:57Z
dc.date.available 2024-08-21T08:52:57Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45736
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18370
dc.description 6348 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring berkembangnya perekonomian terdapat perkembangan persaingan dalam dunia perdagangan baik perdagangan produk maupun jasa yang semakin ketat, pertumbuhan jumlah penduduk serta teknologi menjadi faktor yang signifikan dalam memengaruhi permintaan produk dan jasa. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki kemampuan untuk dapat menyediakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumen. Kebutuhan akan mobilitas yang semakin meningkat mendorong perkembangan kendaraan bermotor, yang mengalami kemajuan pesat dari tahun ke tahun. Dalam konteks ini, bengkel motor semakin berkembang, dan konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih layanan bengkel, menginginkan hasil yang terbaik sesuai dengan ekspektasi mereka. Situasi ini menimbulkan tantangan bagi perusahaan, yang harus mengembangkan strategi yang tepat untuk mendapatkan posisi yang baik di benak konsumen. AHASS Daya Adicipta Motora menghadapi kendala dalam mencapai target pendapatan, diperkirakan karena kurangnya minat beli ulang konsumen dan munculnya pesaing dengan harga yang lebih bersaing. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat beli ulang yaitu kualitas layanan, keunggulan produk/jasa, harga, terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya berpengaruh terhadap minat beli ulang. Serta merumuskan usulan untuk meningkatkan minat beli ulang di AHASS Daya Adicipta Motora. Melalui penyebaran kuesioner kepada 101 responden, data dikumpulkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat beli ulang. Model penelitian melibatkan variabel intervening, yaitu kepuasan pelanggan, yang dikembangkan dari model sebelumnya. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan Aplikasi Smart-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa empat variabel, yaitu harga, keunggulan produk/jasa, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, memiliki pengaruh positif terhadap minat beli ulang. Dilakukan juga penentuan prioritas perbaikan dengan menggunakan Importance Performance Map Analysis (IPMA). Berdasarkan matrik pada IPMA terdapat variabel yang perlu diprioritaskan yaitu kualitas layanan, harga, keunggulan produk/jasa, dan kepuasan pelanggan serta didapati sebanyak empat usulan dari beberapa gabungan usulan variabel. Dengan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat beli ulang, usulan-usulan dapat diajukan untuk meningkatkan minat beli ulang, berdasarkan faktor yang terkait dengan kualitas layanan, keunggulan produk/jasa, harga dan kepuasan pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan di AHASS DAM berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap minat beli ulang jasa di bengkel motor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901008
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account