Usulan bauran pemasaran untuk meningkatkan penjualan Toko Kliknik di E-Commerce

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Sani
dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Handika, Natanael Kevin
dc.date.accessioned 2024-08-21T08:47:10Z
dc.date.available 2024-08-21T08:47:10Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45734
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18369
dc.description 6346 - FTI en_US
dc.description.abstract Kliknik merupakan toko yang menjual obat-obatan serta vitamin. Kliknik beroperasi di e-commerce Tokopedia dan Shopee. Permasalahan utama Toko Kliknik adalah tidak tercapainya omset dari target yang ditetapkan sejak Maret 2022. Hal ini sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi di Indonesia. Jika dibandingkan dengan omset penjualan bersih beberapa perusahaan farmasi, kondisi pandemi yang sudah membaik tidak mempengaruhi omset suatu perusahaan. Diperlukan usulan bauran pemasaran yang dapat diterapkan Toko Kliknik berdasarkan analisis segmenting, targeting, dan positioning agar dapat mencapai target omset Toko Kliknik yang ditentukan. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner. Diperoleh 97 data responden yang dapat dilakukan analisis. Analisis segmentasi dilakukan menggunakan k-means clustering. Diperoleh 3 cluster yaitu general customer, loyal customer, dan critical customer. Melalui proses targeting dipilih loyal customer sebagai target pasar dari Toko Kliknik. Positioning statement untuk Toko Kliknik adalah loyal customer dapat selalu berbelanja di Toko Kliknik karena Toko Kliknik menghargai kepercayaan yang telah diberikan. Usulan bauran pemasaran dibuat secara general namun tetap berpegang pada konsep bauran pemasaran 4P+2P+2C+3S. Usulan bauran pemasaran yang diberikan adalah Toko Kliknik dapat mengikuti event-event yang diadakan oleh e-commerce, admin Toko Kliknik dapat aktif menghubungi customer yang telah selesai berberlanja via fitur chat di e-commerce dan harus responsif untuk merespons semua chat serta komentar dan diskusi yang masuk. Toko Kliknik juga disarankan membuat media sosial Instagram sebagai media promosi, dan memperpanjang jam operasional toko. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject OBAT en_US
dc.subject VITAMIN en_US
dc.subject E-COMMERCE en_US
dc.subject SEGMENTING en_US
dc.subject TARGETING en_US
dc.subject POSITIONING en_US
dc.subject BAURAN PEMASARAN en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran untuk meningkatkan penjualan Toko Kliknik di E-Commerce en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610005
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427066101
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account